Nama lengkap KH. MA. Sahal Mahfudz adalah Muhammad Ahmad Sahal bin
Mahfudz bin Abdussalam al-Hajaini lahir di Desa Kajen, Margoyoso Pati
pada tanggal 17 Desember 1937. Beliau adalah anak ketiga dari enam
bersaudara yang merupakan ulama kontemporer Indonesia yang disegani
karena kehati-hatiannya dalam bersikap dan kedalaman ilmunya dalam
memberikan fatwa terhadap masyarakat baik dalam ruang lingkup lokal
(masyarakat dan pesantren yang dipimpinnya) dan ruang lingkup nasional.
Sebelum orang mengenal Kyai Sahal, orang akan mengenalnya sebagai
sosok yang biasa-biasa saja. Dengan penampilan yang sederhana, orang
mengira beliau sebagai orang biasa yang tidak punya pengetahuan apapun.
Namun ternyata pengetahuan dan kepakaran Kyai Sahal sudah diakui. Salah
satu contoh, sosok yang menjadi pengasuh beberapa pesantren ini pernah
bergabung dengan institusi yang bergerak dalam bidang pendidikan, yaitu
menjadi anggota BPPN3 selama 2 periode yaitu dari tahun 1993-2003.
Kyai Sahal lahir dari pasangan Kyai Mahfudz bin Abdussalam al- Hafidz
(w. 1944 M) dan Hj. Badi’ah (w. 1945 M) yang sedari lahir hidup di
pesantren, dibesarkan dalam lingkungan pesantren, belajar hingga ladang
pengabdiannya pun ada di pesantren. Saudara kandung Kyai Sahal berjumlah
lima orang yaitu: 1. M. Hasyim 2. Hj. Muzayyanah (istri KH. Manshur
Pengasuh PP.an-Nur Lasem) 3. Salamah (istri KH. Mawardi, pengasuh PP.
Bugel-Jepara, kakak istri KH. Abdullah Salam) 4. Hj. Fadhilah (istri KH.
Radhi Shaleh Jakarta) 5. Hj. Khadijah (istri KH. Maddah, pengasuh
PP.as-Sunniyyah Jember yang juga cucu KH. Nawawi, adik kandung KH.
Abdussalam, kakek KH. Sahal). Pada tahun 1968 M (ada yang menyebut 1969)
Kyai Sahal menikah dengan Dra. Hj. Nafisah binti KH. Abdul Fattah
Hasyim, Pengasuh Pesantren Fathimiyah Tambak Beras Jombang dan berputra
Abdul Ghafar Razin yang sejak sekarang sudah dipersiapkan untuk
menggantikan kepemimpinan Kyai Sahal.
Latar Belakang Kehidupan KH. Sahal Mahfudz dididik oleh ayahnya yaitu
KH. Mahfudz dan memiliki jalur nasab dengan Syaikh Ahmad Mutamakkin,
namun KH. Sahal Mahfudz sangat dipengaruhi oleh kekyainan pamannya
sendiri, KH. Abdullah Salam. Syaikh Ahmad Mutamakkin sendiri termasuk
salah seorang pejuang Islam yang gigih, seorang ahli hukum Islam (faqih)
yang disegani, seorang guru besar agama dan lebih dari itu oleh
pengikutnya dianggap sebagai salah seorang waliyullah. Sedari kecil Kyai
Sahal dididik dan dibesarkan dalam semangat memelihara derajat
penguasaan ilmu-ilmu keagamaan tradisional.
Apalagi Kiai Mahfudz Salam (ayahandanya) seorang kiai ampuh, dan adik
sepupu almarhum Rais Aam NU, Kiai Bisri Syamsuri. Selain itu juga
terkenal sebagai hafidz al-Quran yang wira’i dan zuhud dengan
pengetahuan agama yang mendalam terutama ilmu ushul. Pesantren adalah
tempat mencari ilmu sekaligus tempat pengabdian Kyai Sahal. Dedikasinya
kepada pesantren, pengembangan masyarakat dan pengembangan ilmu fiqh
tidak pernah diragukan. Pada dirinya terdapat tradisi ketundukan mutlak
pada ketentuan hukum dalam kitab-kitab fiqih dan keserasian total dengan
akhlak ideal yang dituntut dari ulama tradisional. Atau dalam istilah
pesantren, ada semangat tafaqquh (memperdalam pengetahuan hukum agama)
dan semangat tawarru’ (bermoral luhur).
Ada dua faktor yang mempengaruhi pemikiran Kyai Sahal yaitu: 1.
Lingkungan Keluarganya Bapak beliau yaitu Kyai Mahfudz adalah orang yang
sangat peduli pada masyarakat. Setelah Kyai Mahfudz meninggal, Kyai
Sahal kemudian diasuh oleh KH. Abdullah Salam, orang yang sangat konsen
pada kepentingan masyarakat juga. Beliau adalah orang yang mendalami
tasawuf juga orang yang berjiwa sosial tinggi. Dalam melakukan sesuatu
ada nilai transendental yang diajarkan tidak hanya dilihat dari segi
materi. Kyai Mahfudz orang yang cerdas, tegas dan peka terhadap
persoalan sosial dan KH. Abdullah Salam juga orang yang tegas, cerdas,
wira’i, muru’ah dan murah hati.
Di bawah asuhan dua orang yang luar biasa dan mempunyai karakter kuat
inilah Kyai Sahal dibesarkan. 2. Segi Intelektual Kyai Sahal sangat
dipengaruhi oleh pemikiran Imam al-Ghazali. Dalam berbagai teori Kyai
Sahal banyak mengutip pemikiran Imam al-Ghazali. Selama belajar di
pesantren Kyai Sahal berinteraksi dengan berbagai orang dari segala
lapisan masyarakat baik kalangan jelata maupun kalangan elit masyarakat
yang pada akhirnya mempengaruhi pemikiran beliau. Selepas dari pesantren
beliau aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan. Perpaduan antara
pengalaman di dunia pesantren dan organisasi inilah yang
diimplementasikan oleh Kyai Sahal dalam berbagai pemikiran beliau.
Minat baca Kyai Sahal sangat tinggi dan bacaannya cukup banyak.
Terbukti beliau punya koleksi 1.800-an buku di rumahnya. Meskipun Kyai
Sahal orang pesantren bacaannya cukup beragam, diantaranya tentang
psikologi, bahkan novel detektif walaupun bacaan yang menjadi favoritnya
adalah buku tentang agama. Beliau membaca dalam artian konteks
kejadian. Tidak heran kalau Kiai Sahal—meminjam istilah Gus Dur—lalu
‘menjadi jago’ sejak usia muda. Belum lagi genap berusia 40 tahun,
dirinya telah menunjukkan kemampuan ampuh itu dalam forum-forum fiqih.
Terbukti pada berbagai sidang Bahtsul Masail tiga bulanan yang diadakan
Syuriah NU Jawa Tengah, beliau sudah aktif di dalamnya. Kyai Sahal
adalah pemimpin Pesantren Maslakul Huda Putra sejak tahun 1963.
Pesantren di Kajen, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah, ini didirikan oleh
ayahnya, KH. Mahfudz Salam, tahun 1910.
Sebagai pemimpin pesantren, Kyai Sahal dikenal sebagai pendobrak
pemikiran tradisional di kalangan NU yang mayoritas berasal dari
kalangan akar rumput. Sikap demokratisnya menonjol dan dia mendorong
kemandirian dengan memajukan kehidupan masyarakat di sekitar
pesantrennya melalui pengembangan pendidikan, ekonomi dan kesehatan.
Pendidikan dan Guru-guru KH. Sahal Mahfudz Untuk urusan pendidikan, yang
paling berperan dalam kehidupan Kyai Sahal adalah KH. Abdullah Salam
yang mendidiknya akan pentingnya ilmu dan tingginya cita-cita. KH.
Abdullah Salam tidak pernah mendikte seseorang. Kyai Sahal diberi
kebebasan dalam menuntut ilmu dimanapun. Tujuannya agar Kyai Sahal
bertanggung jawab pada pilihannya. Apalagi dalam menuntut ilmu Kyai
Sahal menentukan adanya target, hal inilah yang menjadi kunci kesuksesan
beliau dalam belajar.
Ketika belajar di Mathali’ul Falah Kyai Sahal berkesempatan mendalami
nahwu sharaf, di Pesantren Bendo memperdalam fiqh dan tasawuf,
sedangkan sewaktu di Pesantren Sarang mendalami balaghah dan ushul fiqh.
Memulai pendidikannya di Madrasah Ibtidaiyah (1943-1949), Madrasah
Tsanawiyah (1950-1953) Perguruan Islam Mathali’ul Falah, Kajen, Pati.
Setelah beberapa tahun belajar di lingkungannya sendiri, Kyai Sahal muda
nyantri ke Pesantren Bendo, Pare, Kediri, Jawa Timur di bawah asuhan
Kiai Muhajir. Selanjutnya tahun 1957-1960 dia belajar di pesantren
Sarang, Rembang, di bawah bimbingan Kiai Zubair. Pada pertengahan tahun
1960-an, Kyai Sahal belajar ke Makkah di bawah bimbingan langsung Syaikh
Yasin al-Faddani.
Sementara itu, pendidikan umumnya hanya diperoleh dari kursus ilmu
umum di Kajen (1951-1953). Di Bendo Kyai Sahal mendalami keilmuan
tasawuf dan fiqih termasuk kitab yang dikajinya adalah Ihya ‘Ulumiddin,
al-Mahalli, Fath al-Wahhab, Fath al-Mu’in, al-Bajuri, at-Taqrib, Sullam
at-Taufiq, Safinat an-Najah, Sullam al-Munajat dan kitab-kitab kecil
lainnya. Disamping itu juga aktif mengadakan halaqah- halaqah
kecil-kecilan dengan teman-teman senior. Sedangkan di Pesantren Sarang
Kyai Sahal mengaji pada Kyai Zubair tentang ushul fiqih, qawa’id fiqh
dan balaghah. Dan kepada Kyai Ahmad beliau mengaji kitab tasawuf
al-Hikam. Kitab yang dipelajari waktu di Sarang antara lainJam’
al-Jawami’,‘Uqud al-Juman, Tafsir al-Baidhawi, Lubbab an-Nuqul, Manhaj
Dzawi an-Nadzar karangan Syaikh Mahfudz Termas dan lain-lain.
Tugas dan Jabatan Kyai Sahal bukan saja seorang ulama yang senantiasa
ditunggu fatwanya, atau seorang kiai yang dikelilingi ribuan santri,
melainkan juga seorang pemikir yang menulis ratusan risalah (makalah)
berbahasa Arab dan Indonesia, dan juga aktivis LSM yang mempunyai
kepedulian tinggi terhadap problem masyarakat kecil di sekelilingnya.
Penghargaan yang diterima beliau terkait dengan masyarakat kecil adalah
penganugerahan gelar Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa) dalam
bidang pengembangan ilmu fiqh serta pengembangan pesantren dan
masyarakat pada 18 Juni 2003 di Universitas Islam Negeri Syarif
Hidayatullah Jakarta. Peran dalam organisasipun sangat signifikan,
terbukti beliau dua periode menjabat Rais Aam Syuriah Pengurus Besar
Nahdlatul Ulama (1999-2009) dan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI)
masa bakti 2000-2010.
Pada Musyawarah Nasional (Munas) MUI VII (28/7/2005) Rais Aam Syuriah
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU), itu terpilih kembali untuk periode
kedua menjabat Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) masa bakti
2005-2010. Pada Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) di Donohudan, Boyolali,
Jateng, Minggu (28/11-2/12/2004), beliau pun dipilih untuk periode kedua
2004-2009 menjadi Rais Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU).
Pada 26 November 1999, untuk pertama kalinya dia dipercaya menjadi Rais
Aam Syuriah PBNU, mengetuai lembaga yang menentukan arah dan
kebijaksanaan organisasi kemasyarakatan yang beranggotakan lebih 30-an
juta orang itu. KH. Sahal Mahfudz yang sebelumnya selama 10 tahun
memimpin Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Tengah, juga
didaulat menjadi Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI pada Juni 2000 sampai
tahun 2005.
Selain jabatan-jabatan diatas, jabatan lain yang sekarang masih
diemban oleh beliau adalah sebagai Rektor INISNU Jepara, Jawa Tengah
(1989-sekarang) dan pengasuh Pengasuh Pondok Pesantren Maslakul Huda,
Kajen, Pati (1963-Sekarang). Sedangkan pekerjaan yang pernah beliau
lakukan adalah guru di Pesantren Sarang, Rembang (1958-1961), Dosen
kuliah takhassus fiqh di Kajen (1966-1970), Dosen di Fakultas Tarbiyah
UNCOK, Pati (1974-1976), Dosen di Fakultas Syariah IAIN Walisongo
Semarang (1982-1985), Rektor Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU)
Jepara (1989-sekarang), Kolumnis tetap di Majalah AULA (1988-1990),
Kolumnis tetap di Harian Suara Merdeka, Semarang (1991-sekarang), Rais
Aam Syuriyah PBNU (1999-2004), Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI,
2000-2005), Ketua Dewan Syari’ah Nasional (DSN, 2000-2005), dan sebagai
Ketua Dewan Pengawas Syari’ah pada Asuransi Jiwa Bersama Putra
(2002-sekarang).
Sosok seperti Kyai Sahal ini kiranya layak menjadi teladan bagi semua
orang. Sebagai pengakuan atas ketokohannya, beliau telah banyak
mendapatkan penghargaan, diantaranya Tokoh Perdamaian Dunia (1984),
Manggala Kencana Kelas I (1985-1986), Bintang Maha Putra Utarna (2000)
dan Tokoh Pemersatu Bangsa (2002). Sepak terjang KH. Sahal Mahfudz tidak
hanya lingkup dalam negeri saja. Pengalaman yang telah didapatkan dari
luar negeri adalah, dalam rangka studi komparatif pengembangan
masyarakat ke Filipina tahun 1983 atas sponsor USAID, studi komparatif
pengembangan masyarakat ke Korea Selatan tahun 1983 atas sponsor USAID,
mengunjungi pusat Islam di Jepang tahun 1983, studi komparatif
pengembangan masyarakat ke Srilanka tahun 1984, studi komparatif
pengembangan masyarakat ke Malaysia tahun 1984, delegasi NU berkunjung
ke Arab Saudi atas sponsor Dar al-Ifta’ Riyadh tahun 1987, dialog ke
Kairo atas sponsor BKKBN Pusat tahun 1992, berkunjung ke Malaysia dan
Thailand untuk kepentingan Badan Pertimbangan Pendidikan Nasional (BPPN)
tahun 1997.
Karya-karya KH. Sahal Mahfudz Kyai Sahal adalah seorang pakar fiqih
(hukum Islam), yang sejak menjadi santri seolah sudah terprogram untuk
menguasai spesifikasi ilmu tertentu yaitu dalam bidang ilmu ushul fiqih,
bahasa Arab dan ilmu kemasyarakatan. Namun beliau juga mampu memberikan
solusi permasalahan umat yang tak hanya terkait dengan tiga bidang
tersebut, contohnya dalam bidang kesehatan dan beliau menemukan suatu
bagian tersendiri dalam fiqh. Dalam bidang kesehatan Kyai Sahal mendapat
penghargaan dari WHO dengan gagasannya mendirikan taman gizi yang
digerakkan para santri untuk menangani anak-anak balita (hampir seperti
Posyandu). Selain itu juga mendirikan balai kesehatan yang sekarang
berkembang menjadi Rumah Sakit Islam.
Karya-karya KH. Sahal Mahfudz yang berbentuk tulisan antara lain:
- At-Tsamarah al-Hajainiyah tentang fiqih yang ditulis tahun I960 (Nurussalam, t.t).
- Al-Barakat al-Jumu’ah(berbicara tentang gramatika Arab).
- Thariqat al-Hushul ila Ghayat al-Ushul (Surabaya: Diantarna, 2000).
- Pesantren Mencari Makna (Jakarta: Pustaka Ciganjur, 1999).
- Al-Bayan al-Mulamma’‘an Alfadz al-Lumd (Semarang: Thoha Putra, 1999).
- Telaah Fikih Sosial, Dialog dengan KH. MA. Sahal Mahfudh (Semarang: Suara Merdeka, 1997).
- Nuansa Fiqh Sosial (Yogyakarta: LKiS, 1994).
- Ensiklopedi Ijma’ terjemahan bersama KH. Mustofa Bisri dari kitab Mausu’ah al-Ijma’(Jakarta; Pustaka Firdaus, 1987).
- Intifah al-Wajadain (Risalah belum diterbitkan).
- Wasmah ash-Shibyan ila I’tiqad ma’da ar-Rahman (Risalah belum diterbitkan).
- I’danah al-Ashhab ditulis tahun 1961 (Risalah belum diterbitkan).
- Faid al-Hija Syarh Nail ar-Rajaditulis tahun 1961 (Risalah belum diterbitkan).
- Nadzm Safinat an-Najah ditulis tahun 1961 (Risalah belum diterbitkan).
- At-Tarjamah al-Munbalijah ‘an Qashidah al-Munfarijah (Risalah belum diterbitkan).
- Luma’ al-Hikmah ila Musalsalat al-Muhimmat (Diktat Pesantren Maslakul Huda, Pati).
- Al-Faraid al-Ajibah ditulis tahun 1959 (Diktat Pesantren Maslakul Huda, Pati).
- Tipologi Sumber Daya Manusia Jepara dalam Menghadapi AFTA 2003 (Workshop KKNINISNU Jepara, 29 Pebruari 2003).
- Strategi dan Pengembangan SDM bagi Institusi Non-Pemerintah, (Lokakarya Lakpesdam NU, Bogor, 18 April 2000).
- Mengubah Pemahaman atas Masyarakat: Meletakkan Paradigma Kebangsaan dalam Perspektif Sosial (Silarurahmi Pemda II Ulama dan Tokoh Masyarakat Purwodadi, 18 Maret 2000).
- Pokok-Pokok Pikiran tentang Militer dan Agama (Halaqah Nasional PBNU dan P3M, Malang, 18 April 2000).
- Prospek Sarjana Muslim Abad XXI, (Stadium General STAI al-Falah as-Sunniyyah, Jember, 12 September 1998).
- Keluarga Maslahah dan Kehidupan Modern, (Seminar Sehari LKKNU, Evaluasi Kemitraan NU-BKKBN, Jakarta, 3 Juni 1998).
- Pendidikan Agama dan Pengaruhnya terhadap Penghayatan dan Pengamalan Budi Pekerti, (Sarasehan Peningkatan Moral Warga Negara Berdasarkan Pancasila BP7 Propinsi Jawa Tengah, 19 Juni 1997).
- Metode Pembinaan Aliran Sempalan dalam Islam, (Semarang, 11 Desember 1996)
- Perpustakaan dan Peningkatan SDM Menurut Visi Islam, (Seminar LP Ma’arif, Jepara, 14 Juli 1996).
- Arah Pengembangan Ekonomi dalam Upaya Pemberdayaan Ekonomi Umat, (Seminar Sehari, Jember, 27 Desember 1995).
- Pendidikan Pesantren sebagai Suatu Alternatif Pendidikan Nasional, (Seminar Nasional tentang Peranan Lembaga Pendidikan Islam dalam Peningkatan Kualitas SDM Pasca 50 tahun Indonesia Merdeka, Surabaya, 2 Juli 1995).
- Peningkatan Penyelenggaraan Ibadah Haji yang Berkualitas, (disampaikan dalam Diskusi Panel, Semarang, 27 Juni 1995).
- Pandangan Islam terhadap Wajib Belajar, (Penataran Sosialisasi Wajib belajar 9 Tahun, Semarang 10 Oktober 1994).
- Perspektif dan Prospek Madrasah Diniyah, (Surabaya, 16 Mei 1994).
- Fiqh Sosial sebagai Alternatif Pemahaman Beragama Masyarakat, (disampaikan dalam kuliah umum IKAHA, Jombang, 28 Desember 1994).
- Reorientasi Pemahaman Fiqh, Menyikapi Pergeseran Perilaku Masyarakat, (disampaikan pada Diskusi Dosen Institut Hasyim Asy’ari, Jombang, 27 Desember 1994).
- Sebuah Refleksi tentang Pesantren, (Pati, 21 Agustus 1993).
- Posisi Umat Islam Indonesia dalam Era Demokratisasi dari Sudut Kajian Politis, (Forum Silaturahmi PP Jateng, Semarang, 5 September 1992).
- Kepemimpinan Politik yang Berkeadilan dalam Islam, (Halaqah Fiqh Imaniyah, Yogyakarta, 3-5 Nopember 1992).
- Peran Ulama dan Pesantren dalam Upaya Peningkatan Derajat Kesehatan Umat, (Sarasehan Opening RSU Sultan Agung, Semarang, 26 Agustus 1992).
- Pandangan Islam Terhadap AIDS, (Seminar, Surabaya,1 Desember 1992) Kata Pengantar dalam buku Quo Vadis NU karya Kacung Marijan, (Pati, 13 Pebruari 1992).
- Peranan Agama dalam Pembinaan Gizi dan Kesehatan Keluarga, Pandangan dari Segi Posisi Tokoh Agama, Muallim, dan Pranata Agama, (Mudzakarah Nasional, Bogor, 2 Desember 1991).
- Mempersiapkan Generasi Muda Islam Potensial, (Siaran Mimbar Agama Islam TVRI, Jakarta, 24 Oktober 1991).
- Moral dan Etika dalam Pembangunan, (Seminar Kodam IV, Semarang, 18-19 September 1991).
- Pluralitas Gerakan Islam dan Tantangan Indonesia Masa Depan, Perpsketif Sosial Ekonomi, (Seminar di Yogyakarta, 10 Maret 1991).
- Islam dan Politik, (Seminar, Kendal, 4 Maret 1989).
- Filosofi dan Strategi Pengembangan Masyarakat di Lingkungan NU, (disampaikan dalam Temu Wicara LSM, Kudus, 10 September 1989).
- Disiplin dan Ketahanan Nasional, Sebuah Tinjauan dari Ajaran Islam, (Forum MUIII, Kendal, 8 Oktober 1988).
- Relevansi Ulumuddiyanah di Pesantren dan Tantangan Masyarakat, (Mudzakarah, P3M, Mranggen, 19-21 September 1988).
- Prospek Pesantren dalam Pengembangan Science, (Refreshing Course KPM, Tambak Beras, Jombang 19 Januari 1988).
- Ajaran Aswaja dan Kaitannya dengan Sistem Masyarakat, (LKL GP Anshor dan Fatayat, Jepara 12-17 Februari 1988).
- AIDS dan Prostisusi dari Dimensi Agama Islam, (Seminar AIDS dan Prostitusi YAASKI, Yogyakarta, 21 Juni 1987).
- Sumbangan Wawasan tentang Madrasah dan Ma’arif, (Raker LP Ma’arif, Pati, 21 Desember 1986).
- Program KB dan Ulama, (Pati, 27 Oktober 1986).
- Hismawati dan Taman Gizi, (Sarasehan gizi antar santriwati, Administrasi Pembukuan Keuangan Menurut Pandangan Islam, (Latihan Administrasi Pembukuan dan Keuangan bagi TPM, Pan, 8 April 1986).
- Pendekatan Pola Pesantren sebagai Salah Satu Alternatif membudayakan NKKBS, (Rapat Konsultasi Nasional Bidang, KB, Jakarta, 23-27 Januari 1984).
- Pelaksanaan Pendidikan Kependudukan di Pesantren, (Lokakarya Pendidikan Kependudukan di Pesantren, (Jakarta, 6-8 Januari 1983).
- Tanggapan atas Pokok-Pokok Pikiran Pembaharuan Pendidikan Nasional, (27 Nopember 1979).
- Peningkatan Sosial Amaliah Islam, (Pekan Orientasi Ulama Khotib, Pati, 21-23 Pebruari 1977).
- Dan lain-lain.
Innalillahi wainnailaihirajiun
BalasHapusInna lillahi Wa inna ilahi rajiun
BalasHapus